Mengenal Jenis Bordir Kaos

Yuk kita belajar mengenal jenis bordir kaos.. Pada dasarnya, bordir untuk kaos, jaket, maupun kemeja dibagi menjadi dua macam menurut cara pegerjaaannya. Yaitu bordir komputer dan bordir manual.

Bordir komputer
bordir komputer Dikerjakan oleh mesin bordir dengan dibantu oleh sang operator. Sebelum naik bordir, biasanya dibuat dahulu program bordirannya. kebanyakan menggunakan progam Embordiery Wilcom. Saat ini orang lebih banyak memilih untuk menggunakan bordir komputer karena selain hasil yang lebih rapih, lebih presisi, dan lebih cepat. Kalau untuk harga biasanya bordir komputer lebih mahal dibanding bordir manual. Akan tetapi jika quantity-nya banyak (lebih dari 200), biasanya harga bordir komputer bisa labih murah dibanding dengan bordir manual.

Bordir Manual

Untuk bordir manual dikerjakan oleh tangan manusia secara satu persatu dibantu dengan mesin jahit yang telah dimodifikasi tataban jarm dan tuas sampingnya. Cara mengerjakan bordir manual adalah dengan membuat pola bordir secara manual (dengan digambar tangan atau dengan menjiplak gambar), lalu dibordir mengikuti pola jiplakan tersebut. Hasil dari bordir manual ini kurang rapi karena kerapatan benangnya berbeda2, tergantung tingkat pijakan yang diberikan oleh tukang bordir. Alasan orang menggunakan bordir manual adalah ketika jumlah bordiran yang minim (dibawah 10 pcs). Biasa banyak digunakan untuk bordiran nama (yg tiap orang berbeda).

Cara paling mudah untuk membedakan bordir manual dan bordir komputer adalah dengan dilihat kerapatannya, kemudian biasanya bordiran manual untuk setiap baju dengan design yang sama, hasilnya akan ada perbedaan baik dari posisi bordir maupun ukurannya.

If you enjoyed this article, please consider sharing it!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

css.php