Bahan Sweater Fleece

download kain-fleeceHai guys, yuk kita membahas bahan sweater fleece.
Untuk produksi sweater biasa digunakan bahan fleece. Fleece adalah bahan yang berbulu, tampilan menyerupai benang wool. Bahan cotton fleece halus dibagian permukaan dan dibagian dalam berbulu sehingga sangat hangat dikenakan untuk sweater. Fleece biasa terdapat dalam bagian dalam sweater suapaya sweater akan hangat saat dikenakan.
Jenis fleece sendiri bermacam macam ada yang disebut natural fleece terbuat dari 100% wool. Ada juga polar fleece yang menggunakan bahan campuran antara bahan alami dengan serat sintetik.

Jika kita membahas perbedaan antara Fleece dan cotton fleece, sebetulnya karakteristiknya sama, bahkan pabrik pembuat dan mesinnya sama. tapi yang membedakan dari bahan dasar, kalau cotton fleece, kandungan katun(cotton)-nya lebih dari 70% sedangkan kalau fleece kandungan katunnya di bawah 50%. semakin tinggi kandungan katunnya, semakin mahal harganya. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan masing2 bahan ini..

Cotton Fleece: 
+ Lebih sejuk dan lebih halus di kulit
+ Hasil sablonan yang lebih baik
– Harga jadi mahal
– Umur lebih pendek (lebih cepat rusak apabila sring di cuci)
– Lebih berat
– Warna cepat luntur
– Bulu bagian dalam sering rontok

Fleece
+ Harga lebih murah
+ Bahan lebih ringan
+ Umur lebih panjang meskipun sering dicuci
+ Warna susah luntur
– sablonan sering pecah
– sablonan dengan tipe plastisol(oil base) susah untuk di aplikasikan.

ada juga Fleece polyester ( PE )
Sama dengan kaos bahan PE. Dibandingkan dengan fleece cotton bahan ini lebih mengkilap karena mengandung polyester/ plastic.biasanya fleece PE lebih kaku dibandingkan dengan fleece cotton
If you enjoyed this article, please consider sharing it!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

css.php